MATERI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) SMPN 14 TEGAL, DIBUAT UNTUK SALAH SATU SARANA PEMBELAJARAN.SEMOGA BERMANFAAT

Selasa, 29 Mei 2012

FUNGSI DAN LAYANAN DALAM INTERNET

Fungsi-fungsi layanan dalam Internet
 
1.HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
adalah salah satu protokol bahasa yangdigunakan untuk berkomunikasi antar server komputer dalam internet. Protokol bahasayang lain dalam internet misalnya:Telnet,News,Gropher,FTP
 
2.Telnet
yaitu Fasilitas untuk mengakses remote komputer yang terletak di tempatlain.Pemakai jarak jauh dapat mengendalikan, menukar file antarpenguna komputerserta menjalankan program yang ada di komputer tersebut. 
 
3.E-Mail 
(singkatan darielectronic mail) atau surat elektronik ialah pesan tertulis yangdikirim dari seorang pengguna komputer kepada pengguna komputer yang lain denganmenggunakan fasilitas program pengiriman data yang disediakan oleh sebuah serverkomputer yang terhubung dengan internet. 
 
4. Electronic Mail 
untuk menerima dan mengirim pesan-pesan/surat dari orang lain dalam jaringan internet 
 
5.FTP(FileTransferProtocol)
Digunakan untuk mengambil data file secara elektronik,Internet telah menyediakan fasilitas file (data) dokumen yang siap untuk di akses secaragratis.
 
6.URL (Uniform Resource Locator)
adalah sistim penamaan alamat situsweb. Olehsebab itu URL sering pula dinamakan
Internet Address (AlamatInternet). Setiapprotokol bahasa (HTTP, Telnet, FTP, dll) mempunyai sistimpenulisan alamat yangberbeda-beda. ContohURL:http://www.freewebs.com/bismillah/index.htm. 
 
7.Ghoper
Fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasidari server yang mendukung protokol ghoper 
 
8.WWW (World-Wide Web)
atau diringkasWeb merupakan bagian dariprotokol bahasaHTTP yang paling populer dalam Internet. Sistem ini mulamuladibangun oleh CERN,sebuah laboratorium fisika di Eropa dan baru mulaidiselenggarakan untuk publik padatahun 1991. Sekarang, Web atau Internettelah menjadi sumber data dan informasi yangtidak terbatas yang dapatdiakses oleh semua orang. Di dalam WWW semua dokumen,menu, indeks,dan lain-lain ditampilkan kepada para pengguna internet sebagai objekdalam format
HTML yang   dapat  dilihat  dengan  menggunakan  Web Browser
 
9.HTML (Hypertext Markup Language)
Merupakan bahasa program yang digunakanuntuk menulis format dokumen yang dapat diakses dalam Web.Dengan menggunakanformat HTML setiap dokumen yang dibuat dapat dibaca oleh semua sistem operasi dantipe komputer yang ada di dunia. Disamping itu, kekuatan utama file HTML adalahadanya fungsi hypertext link
(disingkat:hyperlink).
 
10. Hyperlink (Hypertext Link)
atau lebih diringkas lagi dengan sebutan link adalah suatubagian tertentu (teks maupun gambar) dalam suatu dokumenHTML yang mengacukepada suatu dokumen/file lain ataupun bagian lain daridokumen/file yang sama.Sebuah link teks biasanya ditandai dengan teks yang bergaris bawah dan berwarnabiru. Namun tanda utama dari sebuah link (baik link teks maupun link gambar) adalahberubahnya pointer mouse menjadi tanda "telunjuk tangan" bila diletakkan di atas linktersebut. Bila sebuah link di-klik maka program browser akan membuka/menuju padabagian/ dokumen/file yang ditunjuk oleh link tersebut.
 
11.Web Browser atau diringkas Browser
adalah program atau software yang dirancanguntuk mencari dan menampilkan dokumen web dalam format HTML. Dengan browser,para pengguna komputer dapat mencari dan menelusuri (browse) serta melihat isi daridokumen web dan berpindah dari sebuah tempat (halaman) ke tempat lain di web.Contoh program browser yang populer misalnya Internet Explorer,Netscape,Opera,Mozilla, dan lain-lain. 
 
12.Website atau Situs Web
adalah setiap komputer atau tempat (space) dalam sebuahkomputer yang terhubung dengan internet dan menjalankan fungsi dan proses sebagaiserver web yang berisi dokumen-dokumen dalam format HTML. Sebuah websitememiliki URL (alamat website) atau domain name (nama domain) yang biasanyaberakhiran .com .net .org   dan lain-lain.
 contoh: bismillah.co.nr.
 
 13.Web Page atau halaman web
adalah sebuah file atau dokumen HTML yang disimpanoleh sebuah server komputer dan merupakan bagian dari kumpulan file dan dokumenyang dimiliki oleh sebuah web site. 
 
14. Chat
adalah sebuah fasilitas internet yang memungkinkan sejumlah pengguna yangbergabung di dalamnya untuk berkomunikasi atau bercakapcakap secara langsung(real-time) lewat tulisan yang diketikkan oleh masingmasing peserta chat. Contohprogram chat yang terkenal yaitu IRC dan ICQ. 
 
15.Mailing List disingkat Milis
yaitu kumpulan atau daftar dari sejumlah alamat e-mailyang digabungkan menjadi satu alamat e-mail. Email yang dikirim oleh seorang anggotamilis ke alamat email milis tersebut akan diterima secara serentak oleh seluruh anggotamilis yang bersangkutan. Dengan demikian akan terjadi semacam diskusi tertulis jarak- jauh antar para anggota milis. 
 
16.Download
yaitu mengambil file (baik berupa file program, teks, gambar, audio, video,dan lain-lain) dari dari sebuah komputer di internet ke komputer pribadi (user). Kebalikannya adalah Upload
yaitu mengirim file dari komputer sendiri (user) ke komputer lain lewat jalur atau fasilitas internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar