MATERI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER (TIK) SMPN 14 TEGAL, DIBUAT UNTUK SALAH SATU SARANA PEMBELAJARAN.SEMOGA BERMANFAAT

Senin, 28 Mei 2012

MATERI KOMPONEN KOMPUTER

 Pendahuluan 

Dengan kemajuan di bidang  Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini, dunia  tidak lagi mengenal batas, jarak, ruang dan waktu,  sebagai contoh kini orang  dapat dengan mudah memperoleh berbagai macam informasi yang   terjadi  di belahan dunia ini  tanpa harus  datang  ke tempat tersebut. Bahkan orang  dapat berkomunikasi dengan siapa saja  di berbagai  di belahan dunia ini,   dengan memanfaatkan seperangkat komputer yang  tersambung ke internet.  
Berbicara tentang  kecanggihan perkembangan  Teknologi Informasi dan Komunikasi  ini maka tidak lepas  dari teknologi  komputer itu sendiri.  Komputer teridiri dari  suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersama-sama,  untuk dapat berfungsi menangani berbagai macam pekerjaan  mulai dari yang sangat sederhana sampai pada tingkat pekerjaan yang sangat kompleks/rumit.
Komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak)dan Brainware (perangkat manusia/user). Hubungan antara ketiga komponen tersebut tidak dapat  dipisahkan, untuk dapat mencapai fungsi komputer sebagai produk berteknologi canggih dalam menangani berbagai macam pekerjaan. Hardware sebagai komponen fisik dari sistem  komputer yang terdiri dari peralatan Input, Proses,  Output dan Media penyimpan data merupakan satu kesatuan yang bekerja secara besama-sama,  sehingga dapat difungsikan.
Ketiga komponen dalam sistem tersebut  Hardware, Software dan Brainware  akan melakukan  proses meng-input data,  memproses (proccesing)  dan menghasilkan output yang berupa produk informasi yang dibutuhkan.

KOMPONEN-KOMPONEN UTAMA KOMPUTER
Komponen  utama komputer merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah sistem komputer,  karena dalam sebuah sistem komputer jika  satu saja  dari  komponen utama tersebut tidak ada,  maka sistem komputer pun tidak  akan berjalan  atau tidak befungsi sebagaimana yang diharapkan
Komponen utama dalam sistem komputer ada tiga  yaitu:
  1. Hardware
  2. Software
  3. Brainware

Hardware
Hardware atau perangkat keras dalam sistem komputer  merupakan  komponen  yang secara fisik dapat dilihat dan diraba yang membentuk suatu  kesatuan  sehingga dapat difungsikan.
Perangkat tersebut antara lain adalah:
  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. CPU
  4. Monitor
  5. Printer




 Software

Software atau perangkat lunak adalah suatu  program yang berisi instruksi-instruksi (perintah) yang  dimengerti oleh komputer.  Perangkat  komputer yang terdiri dari jutaan komponen elektronik tidak dapat melakukan kegiatan apapun tanpa adanya software. Dengan adanya software ini kita dapat meminta pada komputer  untuk : mengetik suart/dokumen, menghitung, menggambar, megeluarkan suara  dan lain sebagainya. 
Software dapat dibedakan berdasarkan fungsinya antara lain yaitu:




 Sistem Operasi
Software Sistem Operasi, berfungsi sebagai :
  • Interpreter yaitu: Menterjemahkan perintah dari software aplikasi kedalam perintah yang di mengerti oleh computer
  • Configurasi Hardware yaitu: Mengenal peralatan pendukung komputer (pheriperal)
  • Manajemen File yaitu: Pengolahan File (data dan program). Contoh sistem operasi: Windows, Linux, dll

Aplikasi
Software Aplikasi ini dikelompokan berdasarkan fungsi atau  bidang pekerjaan yang dilakukan, Software aplikasi yang umum ada di pasaran  antara lain :

Pengolah Kata (Word Processing) Contoh: Microsoft Word, Word Perfect, Open Office, dll
Pengolah Angka atau Data tabel (Spreadsheet) Contoh: Microsoft Excel, Lotus 123, Super Calc, dll
Pengolah Database Contoh: Microsoft Access, Fox Pro, dll
Membuat Slide Presentasi Contoh: Microsoft Power Print, Story Board, dll
Pengolah Gambar Contoh: Adobe Photoshop, ACD See dll
Bahasa Pemrograman Contoh: Pascal, Java, Visual Basic, dll
Game (Software Permainan) Contoh : PC Game
 Dan lain sebagainya
   
 Brainware
Brainware yaitu pemakai komputer  atau orang  yang mengoperasikan komputer (User), karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang mengopersikan (user) nya  maka komputer tersebut tidak dapat digunakan.

User  atau pemakai komputer ada 3 tingkatan yaitu:
  • Sistem Analis
  • Programer
  • Operator 

 Interaksi antara Komponen
Dari ketiga komponen dalam sebuah sistem komputer yaitu Hard ware, Soft ware dan Brainware, satu dengan lainya saling berkaitan erat. Jika satu komponen saja tidak ada maka sistem komputer tidak dapat  berjalan. Karena komputer hanya merupakan rangkaian mponen-komponen elektronik yang dapat berfungsi atau bekerja bila semua  komponen utama-nya saling mendukung. Ketiga komponen pengolah data dalam sebuah sistem komputer dapat digambarkan seperti pada gambar di samping.

Diagram Alir Pengolahan Data Komputer

INPUT                          PROSES                       OUTPUT


Tidak ada komentar:

Posting Komentar